2016 3rd International Conference on Computer, Communication and Control Technology


Program hibah unggulan yang telah di setujui dalam rangkaian penelitian pembuatan sistem absensi/presensi alternatif di lingkungan Universal Telkom salah satunya adalah adanya penulisan paper.  Dalam rangkaian pengajuan akhirnya diterima juga paper dari team unggulan dengan judul “Performance and Investment Analysis of Mobile Based Attendance System in Campus Scale”

Untitled-1

Konsep ini diangkat dengan pendekatan metoda CBA (Cost–benefit analysis), Yaitu melakukan pendekatan penelitian yang dikerjakan dengan  pendekatan sistematis untuk memperkirakan kekuatan dan kelemahan dari perbandingan dua buah sistem dari sisi manfaat dalam tenaga kerja, waktu dan penghematan biaya. Selanjutnya dari hasil pembandingan ini, pengambil keputusan dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan suatu rencana atau tidak dari sebuah aktivitas, produk atau proyek, atau dalam konteks evaluasi atas sesuatu yang telah berjalan.

sistem absensi/presensi yang dibangun adalah memanfaatkan MAC-Address  sebagai kunci untuk masuk kedalam sistem terintegrasi khususnya yang ada di lingkungan Universitas Telkom.

Secara garis besar skemanya sebagai berikut :

 

FLOWCHART CARA KERJA MBAS FLOW NETWORK LOGIC MBAS topologi MBAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada akhirnya sistem ini diharapkan akan menjadi sistem presensi alternatif dari sistem presensi berbasis RFID yang digunakan di lingkungan Universitas Telkom.

Keberangkatan tim unggulan ke acara “conference”  dilanjutkan dari tahapan pengajuan sampai dengan akhirnya diterima walau dengan “major” revisi, semangat buat awal internasional conference saya jadi motivasi tersendiri untuk berikan yang terbaik Thanks to all my team. (PRJ, DRC. TFT and students)

DSC09286-01 DSC09289

 

 

DSC09290 DSC09305 DSC09319 DSC09320


Leave a Reply