Perkembangan kebutuhan pembangunan suatu aplikasi tidak terlepas dari konsep bagaimana aplikasi itu di bangun. Aktfitas ini akan melibatkan analis, programmer dan pihak-piha yang terkait dalam pembuatan alikasi itu sendiri. Tujuan dari OOP (Object Oriented Program) dibuat adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada dalam keseharian kita.

Materi ini didsampaikan dalam bentuk workshop yang dselenggarakan oleh Program Studi Komputer Akuntasi Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, dengan pemateri ibu ferra Arik; hari ini; 20-12-2016.

Ilustrasi sederhana, kita menyebut bahwa mobil adalah sebuah objek, nah pada dasarnya mobil sendiri terbentuk dari beberapa objek yang membentuk mobil. Misalnya ada mesin, ada ban, ada karburator, ada pendingin dst. bagian-bagian tersebut kita sebut sebagai objek kecil darii objek utama mobil. Mobil sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

Konsep Dasar OOP

 

(bersambung).