Ada banyak berbagai media di dunia salah satunya internet. Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi dan informasi global. Disini ada banyak manfaat dengan leluasa bisa kita dapatkan baik data / informasi untuk membantu tugas sekolah atau pekerjaan, membaca berita nasional maupun manca negara, mencari lowongan pekerjaan ataupun beasiswa, bahkan termasuk sumber berbagai ilmu.

Tentu saja tidak seluruh isi di Internet dapat bermanfaat, jika kita tak pandai-pandai dalam menggunakan Internet. Karena sifatnya yang cenderung bebas tanpa kontrol pihak manapun, maka ada saja materi atau isi yang bersifat negatif di Internet ataupun yang dikirim/terkirim melalui Internet. Sebutlah semisal pornografi, perjudian, sadisme dan rasialisme. Belum lagi dengan aneka macam program jahat (virus, worm, trojan horse, spyware, adware) yang dapat mencuri bahkan merusak data di komputer, serangan e-mail sampah (spam), penipuan, pelanggaran privasi hingga pelecehan seksual.

Meski berbeda dengan media informasi lainnya, internet memiliki aturan “baku” yang efektif untuk meminimalisir perilaku negatif. Sebagai sebuah media informasi, internet tidaklah lebih dari sebuah sarana, layaknya sebuah jalan raya besar. Dimana di dalam jalan raya tersebut tersebar atau tersedia jutaan informasi dari berbagai penjuru dunia. Bila kita tidak pintar memilah dan memilih informasi, bukan tidak mungkin kita, keluarga khususnya anak-anak akan terjerumus ke perbuatan yang melanggar aturan.

Program studi Teknik Komputer sebgai bagian dari fakultas ilmu terapan di Universitas Telkom memiliki kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari tri dharma dosen. Sehingga melihat kondisi di atas merasa perlu untuk memberikan kesadaran dalam penggunaan data digital. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Ormas Salimah (Persaudaraan Muslimah) Kota Bandung, Pada tanggal 14 Januari 2017. Untuk bahan ajar bisa di download dibawah ini :

  1. internet sehat
  2. digital forensic (teori)
  3. praktikum digital forensic(dasar)
  4. Survey Kegiatan